HomeKegiatan Rutin Rapat Bulanan PTUN YogyakartaBeritaKegiatan Rutin Rapat Bulanan PTUN Yogyakarta

Kegiatan Rutin Rapat Bulanan PTUN Yogyakarta

Yogyakarta, 13 Oktober 2022, PTUN Yogyakarta mengadakan kegiatan Rapat Bulanan bertempat di Ruang Sidang Utama yang dipimpin oleh Ketua, Dr. Agus Budi Susilo, S.H., M.H.. dan didampingi oleh Wakil Ketua, Heni Hendrata Widya Sukmana Kurniawan, S.H., M.H.. Kegiatan rapat dibuka oleh Sekretaris, Budi Suryana, S.H. selaku moderator dengan bacaan doa. Setelah itu, Ketua dipersilakan untuk memberikan pembinaan kepada peserta rapat yang hadir, yaitu Para Hakim dan Pegawai. 

Isi pembinaan pertama yang disampaikan oleh Ketua adalah mengenai Kegiatan Pakta Integritas yang telah dilakukan pada hari Rabu, 12 Oktober 2022. Kegiatan tersebut seyogyanya tidak hanya dilakukan secara formalitas saja, namun harus dimaknai nilainya untuk dilakukan di pekerjaan sehari-hari. Ketua juga berpesan kita juga merupakan bagian keluarga besar Mahkamah Agung sehingga harus menjaga citra yang baik dan menjunjung tinggi integritas serta tidak melakukan tindakan korupsi, kolusi, nepotisme.

Pembinaan ini tentunya akan dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai dengan Maklumat Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung, dan badan Peradilan di Bawahnya. Masih berkaitan mengenai pembinaan dan pengawasan, untuk memahami dan memastikan kebijakan Mahkamah Agung khususnya di bidang Pengawasan dan Pembinaan di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya antara lain :

  1. Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya;
  2. Peraturan Mahkamah Agung Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya ;
  3. Peraturan Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (whistleblowing system) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya.

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai Rakor Dirjen yang akan dilaksanakan di Yogyakarta sehingga perlu disiapkan sarana prasarana terutama PTSP baik SDM maupun perangkat sehingga nantinya akan dibentuk tim khusus untuk penyambutan Dirjen. Setelah itu, dilanjutkan ke pembahasan evaluasi rapat sebelumnya. Selain itu, diumumkan Agen Perubahan di Lingkungan PTUN Yogyakarta, yaitu Prasetyo Wibowo, S.H., M.H.. Penunjukan agen perubahan ini untuk memberikan alternatif solusi kepada para pegawai atau pimpinan di Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta yang menghadapi kendala. Agen Perubahan juga berperan sebagai mediator yang bertugas membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam penerapan Zona Integritas/ Reformasi Birokrasi menuju WBK dan WBBM di lingkungan Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta. Agenda rapat selanjutnya berlanjut ke penyampaian progres monitoring dan evaluasi rapat sebelumnya dari tiap-tiap bagian yang disampaikan oleh Panmud dan Kasub kemudian dilanjutkan dengan tanggapan oleh Ketua dan Wakil Ketua serta peserta rapat. Setelah tidak ada tanggapan dan masukan, acara Rapat ditutup oleh Sekretaris pada pukul 11.00 WIB.

© Copyright © 2022 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta