HomeKegiatan Rutin Rapat Bulanan PTUN Yogyakarta Periode September 2022BeritaKegiatan Rutin Rapat Bulanan PTUN Yogyakarta Periode September 2022

Kegiatan Rutin Rapat Bulanan PTUN Yogyakarta Periode September 2022

Yogyakarta, Selasa, 6 September 2022 Pukul 09.00 WIB, PTUN Yogyakarta melaksanakan kegiatan rutin bulanan, yaitu rapat bulanan periode September 2022. Kegiatan rapat ini berlangsung pada Ruang Sidang Utama PTUN Yogyakarta. Seperti rapat sebelumnya, kegiatan ini dipimpin oleh Ketua PTUN Yogyakarta, Dr. Agus Budi Susilo, S.H., M.H, didampingi oleh Wakil Ketua, Heni Hendrarta Widya Sukmana Kurniawan, S.H., M.H., yang perdana mengikuti agenda rapat bulanan ini karena baru saja dilantik pada tanggal 25 Agustus lalu. Selain itu, Para Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, dan staf PTUN Yogyakarta juga turut serta mengikuti agenda rapat ini. 

Kegiatan rapat dibuka oleh Sekretaris PTUN, Budi Suryana, S.H. yang juga selaku moderator. Memasuki inti acara, moderator mempersilakan waktu dan tempat kepada Ketua untuk menyampaikan pembinaan. Sebelum masuk ke inti pembahasan, beliau menyampaikan bahwa kegiatan rapat yang semula diadakan triwulanan, Ketua bersama Wakil Ketua akan berkoordinasi agar rapat diadakan secara rutin bulanan. Setelah itu, Ketua memperkenalkan Wakil Ketua kepada para peserta rapat, dimana sama-sama sebelumnya pernah menjabat di Mahkamah Agung. 

Memasuki inti acara, tema agenda rapat kali ini berfokus pada kedisiplinan, dan Inovasi. Tentang kedisiplinan, hal yang paling disorot disini adalah presensi. PTTUN Surabaya sebelumnya memberikan saran kepada PTUN Yogyakarta untuk melakukan presensi secara finger print selain presensi manual dan online. Tak hanya di jam masuk dan pulang, namun juga dilakukan pada jam istirahat. Hal ini bertujuan agar meningkatkan kedisiplinan para pegawai untuk bekerja secara maksimal di kantor. Kemudian pembahasan mengenai inovasi adalah kurangnya inovasi yang ada pada PTUN Yogyakarta terutama inovasi berupa aplikasi. Hal ini dikarenakan minimnya sumber daya IT pada PTUN Yogyakarta. Namun Ketua meminta untuk bagian kepaniteraan dan kesekretariatan saling bahu membahu membuat inovasi yang bersifat non IT pada  masing-masing bagian. Harapannya untuk rapat bulan depan sudah memiliki ide dan konsep mengenai inovasinya.

Lebih lanjut, seperti bulan lalu, Ketua menghendaki open management, yakni saling membangun kerja sama dan mendengarkan pendapat peserta rapat. Setelah itu, Wakil Ketua juga turut memperkenalkan diri serta menyampaikan bahwa budaya kerja di Mahkamah Agung dan PTUN Yogyakarta hampir sama. Dibutuhkan ketepatan dalam bekerja. Sikap disiplin dan kejujuran akan mengantarkan langkah kita menuju Zona Integritas (ZI).  Setelah penyampaian dari Wakil Ketua, dilanjutkan dengan laporan, saran, dan masukan dari Panmud dan Kasub, serta dari peserta rapat yang hadir. Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris juga turut aktif memberikan tanggapannya dari laporan yang telah disampaikan. Acara berakhir setelah tidak ada lagi laporan yang disampaikan dan tanggapan yang telah dijelaskan. Sekretaris selaku moderator menutup kegiatan rapat dan menghimbau agar kegiatan ini menjadi catatan dan evaluasi kinerja untuk menjadi lebih baik dan akan dilaporkan kembali progresnya di rapat bulan depan.

© Copyright © 2022 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta