HomeKEGIATAN PERADILAN SEMU DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTABeritaKEGIATAN PERADILAN SEMU DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

KEGIATAN PERADILAN SEMU DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Bertempat di Laboratorium Hukum Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta Herisman, S.H., S.Sos., M.A.P., M.H. dan beberapa hakim menghadiri Praktik Peradilan Semu. Dalam acara tersebut Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta diberi kesempatan untuk melakukan penilaian Praktik Peradilan Semu di UMY. Praktik peradilan ini dilaksanakan selama 12 hari.

Praktik Peradilan Semu itu dilaksanakan sebagai tanda telah selesainya penyelenggaraan perkuliahan Praktik Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, Hukum Acara PTUN dan Hukum Acara Mahkamah Konstitusi pada Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Koordinator Laboratorium FH UMY Ahdiana Yuni Lestari menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai tanda berakhirnya perkuliahan praktik hukum. Ahdiana juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah kapasitas mahasiswa FH UMY sebagai calon praktisi hukum. “Diselenggarakannya Praktik Peradilan Semu ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang proses jalannya persidangan dari awal hingga akhir dan untuk memenuhi luaran Mata Kuliah Praktikum FH UMY, sehingga hal ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas mahasiswa FH sebagai calon praktisi hukum,” terang Ahdiana, Selasa (19/7/2022).

Dalam pelaksanaannya, praktik peradilan semu ini diselenggarakan secara luring dengan tetap menerapkan  protokol kesehatan yang ketat. Mahasiswa yang mengikuti praktek ini juga dibagi menjadi beberapa kelompok. “Mahasiswa yang mengikuti praktik dibagi menjadi beberapa kelompok. Para mahasiswa memiliki peran masing masing dalam timnya, ada yang berperan sebagai hakim, jaksa, panitera, juru sita, advokat, penggugat, tergugat, terdakwa, saksi, saksi ahli, pemohon, termohon dan juru sumpah,” jelas Ahdiana.

© Copyright © 2022 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta