HomeAcara Pengantar Purnabakti Yang Mulia Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum (Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung)BeritaAcara Pengantar Purnabakti Yang Mulia Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum (Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung)

Acara Pengantar Purnabakti Yang Mulia Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum (Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung)

Jumat (30/09/2022) Acara Pengantar Purnabakti Yang Mulia Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum (Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung) mengundang secara daring para Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama . Pada kesempatan  tersebut hadir Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta, bapak Dr. Agus Budi Susilo, S.H., M.H., didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tata Usaha Yogyakarta, bapak Heni Hendrarta Widya Sukmana Kurniawan, S.H., M.Hum., beserta bapak ibu Hakim dan Ibu Panitera dan bapak Sekretaris pada Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta secara daring bertempat di Ruang Sidang Utama.

Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum., pada kesempatan tersebut sedikit mengulas perjalanan karier beliau selama 39 (tiga puluh sembilan tahun). Beliau juga mengatakan bahwa tantangan Pengadilan Tata Usaha  Negara ke depannya akan semakin besar, sejalan dengan peningkatan demokratisasi maka laju pembuatan hukum dengan perubahan pada masyarakata akan timpang, sehingga diharapkan Pengadilan Tata Usaha Negara mampu mengisi kekosongan hukum. Beliau juga mengharapkan agar para Hakim khususnya di daerah sebagai Pengadilan Tingkat Pertama jangan jadi Hakim Petunjuk/ menunggu petunjuk tetapi tingkatkanlah kemampuan tafsir hingga dapat melakukan penemuan hukum pada kasus konkret. Dimana penemuan hukum tersebut akan di uji di Tingkat Banding dan bisa menjadi yurisprudensi. Beliau juga berpesan untuk selalu mendekatkan diri denga Lembaga Pendidikan  untuk mengembangkan ilmu.

Prof. Dr. Supandi juga menghaturkan permohonan maaf apabila selama masa jabatannya ada salah, khilaf perbuatan, dengan haru dan suara yang tersendat-sendat beliau sangat menyayangkan peristiwa yang baru-baru ini terjadi. Apa yang telah telah diupayakan untuk membangun lembaga, transformasi tradisi lama ke pembaharuan yang berbasis TI, paperless, professional, akuntabel dan bekerja secara efektif tercoreng dengan tindakan oknum. Akan tetapi beliau tetap percaya bahwa Mahkamah Agung akan bangkit mewujudkan Mahkamah yang Agung. Ucapan terimakasih juga beliau sampaikan atas bantuan dukungan yang diterima.

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, bapak Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., mengemukakan bahwa Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum adalah Bapak Paperless yang mampu mewujudkan paperless dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dimana 10 (sepuluh) tahun yang lalu tidak terbayangkan, lambat tapi pasti menjadi kenyataan. Beliau juga menyampaikan bahwa, “Betul kita sudah bersusah payah menjaga kehormatan tetapi tetap ada kejadian yang menyebabkan kita berada di titik terendah dan menjadikan peristiwa tersebut momentum untuk memperbaiki diri.

Dengan berat hati Bapak Ketua Mahkamah Agung melepas , Prof Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum., memasuki masa purnabakti, beliau berkata bahwa secara formal kami melepas, akan tetapi secara informal Bapak Prof. Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum., masih bersama Kami (Mahkamah Agung Republik Indonesia)  dan selalu mengharapakan untuk bisa memberikan masukan secara langsung bagi kebaikan dan perkembangan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Demikian acara ditutup dengan sesi foto bersama.

© Copyright © 2022 Tim - IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta