Null

Media Center

Pengertian

Kata media berarti tempat sedangkan kata center mengandung arti sebagai pusat. Sehingga pengertian Media Center bagi Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta, yaitu merupakan tempat pusat pengaksesan informasi dan komunikasi yang disediakan oleh Lembaga Pemerintah dengan menggunakan fasilitas teknologi yang memadai dan dipergunakan untuk umum ( semua orang ) sesuai dengan aturan dan jam kerja Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta .

Media Center ini merupakan ruangan yang juga digunakan untuk ruang IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta dan memiliki 2 unit PC, 2 unit printer, 1 unit scanner, 1 unit server, 1 unit UPS server, 3 unit Hot spot. Semua fasilitas yang ada pada media center ini juga mendukung pengguna untuk mengakses informasi yang diinginkan dengan cepat dan dalam ruangan yang nyaman.  Media Center Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta juga dilengkapi akses Hot Spot sehingga Masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses internet ditempat yang dinginkan. Media Center ini  ditujukan untuk masyarakat umum bukan hanya untuk pegawai atau admin IT Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta, sehingga masyarakat umum lainnya baik anak sekolah, mahasiswa, hingga seluruh warga kota, dapat berkunjung dan menggunakan fasilitas yang telah disediakan di Media Center tersebut tanpa dipungut biaya ( gratis ). Namun, Media Center ini hanya dapat digunakan pada saat jam kerja Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta berlangsung, yaitu pada hari kerja Senin-Kamis Jam 08:00 s/d 16.30 WIB,  Jum’at Jam 07:30 s/d 16:30 WIB .

Kegunaan dan Manfaat Media Center

Media Center ini digunakan untuk membantu para pengguna dalam mengakses informasi dengan mudah, cepat dan gratis. Selain itu dapat meringankan beban masyarakat dalam mengikuti perkembangan zaman agar dapat mengimbangi keadaan ekonomi yang menengah kebawah. Sehingga tidak hanya kalangan masyarakat menengah keatas saja yang dapat mengikuti dan menikmati perkembangan teknologi dan komunikasi pada kemajuan zaman saat ini namun semua kalangan juga dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki terhadap pengetahuan teknologi dan komunikasi melalui Media Center yang telah disediakan.

Kelebihan Media Center

Media Center yang disediakan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta mempunyai kelebihan, yaitu sebagai berikut :

  1. Mempunyai ruangan yang nyaman dengan diberikan ruangan full AC.
  2. Mempunyai unit komputer yang berkualitas dan mengikuti perkembangan.
  3. Mempunyai kecepatan akses yang lebih, sehingga mempercepat pengguna untuk mengakses informasi yang diinginkan.
  4. Terdapat pusat informasi seperti halnya tempat bertanya apabila pengguna menemukan masalah pada saat mengakses informasi , yang dibantu oleh pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta.

Kekurangan Media Center

Selain kelebihan, Media Center ini juga terdapat kekurangan yang perlu dibenahi atau diperbaiki. Kekurangan tersebut seperti :

  1. Ruangan Media Center jarang digunakan oleh umum, karena sebagaian besar pengguna akses internet memiilih menggunakan fasilitas Hot Spot.
  2. Waktu disediakan untuk menggunakan media center sangat terbatas sesuai dengan jam kerja, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi pengguna lain yang ingin mengunjungi media center untuk mengakses informasi penting diluar jam kerja dinas tersebut.
  3. Sosialisasi untuk memperkenalkan media center ke masyarakat umum sangatlah kurang, sehingga masih banyak terdapat masyarakat yang belum mengetahui bahwa media center tersebut dapat digunakan oleh umum. Karena sosialisasi hanya di lakukan kepada anak sekolah.

    

Pemeliharaan Media Center

Media Center merupakan fasilitas yang bisa dipakai untuk umum yang disediakan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta, oleh karena itu pemeliharaan yang dilakukan untuk menjaga dan merawat semua fasilitas yang ada pada media center ini dibutuhkan kerjasama bersama. Bukan hanya pihak Lembaga Pemerintah saja yang bertanggung jawab akan pemeliharaan Media Center ini, namun semua pengguna media center wajib bertanggung jawab akan pemeliharaan fasilitas yang telah disediakan. 

Artikel Hukum

SISTEM KAMAR DALAM MAHKAMAH AGUNG: UPAYA MEMBANGUN KESATUAN...

SISTEM KAMAR DALAM MAHKAMAH AGUNG: UPAYA MEMBANGUN KESATUAN HUKUM

Oleh : PROF.Dr.TAKDIR RAHMADI, SH., LLM (Hakin Agung)...

KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM SISTEM PERADILAN...

KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM SISTEM PERADILAN DI INDONESIA

Oleh : Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., MH....

MENEGAKKAN HUKUM DENGAN MENTAATI ASAS DAN SISTEM HUKUM

MENEGAKKAN HUKUM DENGAN MENTAATI ASAS DAN SISTEM HUKUM

Oleh :Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, S.H. (Guru Besar...

DIRGAHAYU PERADILAN TATA USAHA NEGARA KE-26

DIRGAHAYU PERADILAN TATA USAHA NEGARA KE-26

Oleh : Enrico Simajuntak (Hakim Pengadilan Tata Usaha...

Null