Null

Kuliah UIN Yogyakarta

Kategori: Beritaku

Yogya- Bertempat di Ruang Sidang Utama PTUN Yogyakarta Hakim Eko Yulianto, SH., MH. mewakili  Ketua PTUN Yogyakarta H.L. Mustafa Nasution, S.H., M.H., membuka penyelenggaraan Praktik Peradilan Semu Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Acara berlangsung pada hari Rabu,20 Mei 2015, Pukul 09.00 WIB, diawali dengan doa oleh pembawa acara  Dedianto Ramali, SH. Dan dilanjutnkan dengan penyerahan  Mahasiswa  Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. acara tersebut dihadiri oleh Hakim-Hakim PTUN Yogyakarta pembimbing mahasiswa yaitu Oktova Primasari, SH dan Josiano Leo Haliwela, SH., Dosen/Staf Pengajar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Panitera Pengganti Rahmat Susanta, SH dan Ella Rosiana, SH., MH. serta Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berjumlah sekitar 149 orang.

Dalam sambutannya Hakim Eko Yulianto, SH.,MH. menyampaikan salam dari Ketua PTUN Yogyakarta yang sedang menghadiri acara persiapan Bintek pemberkasan perkara kasasi, PK, Hak Uji Materiil dan sengketa pajak bagi Panitera Muda Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Pajak di Hotel Ina Garuda Yogyakarta 20 – 22 Mei 2015. Tanpa mengurangi rasa hormat, PTUN Yogyakarta menyampaikan selamat datang kepada segenap civitas akademi dari Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. PTUN Yogyakarta mengapresiasi kegiatan praktik peradilan semu ini, harapannya mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  mendapatkan pengalaman riil bagaimana tata cara dan pelaksanaan persidangan. Penerimaan PTUN Yogyakarta atas kegiatan praktik peradilan semu ini juga merupakan perwujudan dan bagian dari pelayanan publik.

Dalam pelaksanaannya dari 149 mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dibagi menjadi 3 A, B dan C. selanjutnya  masing-masing kelas kelas akan diampu oleh 3 (tiga)orang Hakim PTUN Yogyakarta dan 1 (satu) orang  Panitera Pengganti. Sebelum acara pembukaan ini telah dilaksanakan pembekalan bagi mahasiswa bertempat di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dipimpin oleh Hakim Novy Dewi Cahyati, S.Si., S.H., M.H.

Rangkaian kegiatan Praktik Peradilan Semu ini diikuti dengan menyaksikan sidang dan membuat resume sebagai bahan penilaian serta memonitor kehadiran mahasiswa-mahasiswi sebagai salah satu parameter penilaian. Adapun jadawal pelaksanaan rincinya : tanggal 18, 19,25, 26 Mei 2015 mahasiswa-mahasiswi mengikuti persidangan dangan membuat resume kemudian persidangan semu dilaksanakan pada tanggal 27, 28, 29 Mei 2015.

 

 

Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh pembawa acara(admin).

Artikel Hukum

SISTEM KAMAR DALAM MAHKAMAH AGUNG: UPAYA MEMBANGUN KESATUAN...

SISTEM KAMAR DALAM MAHKAMAH AGUNG: UPAYA MEMBANGUN KESATUAN HUKUM

Oleh : PROF.Dr.TAKDIR RAHMADI, SH., LLM (Hakin Agung)...

KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM SISTEM PERADILAN...

KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM SISTEM PERADILAN DI INDONESIA

Oleh : Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., MH....

MENEGAKKAN HUKUM DENGAN MENTAATI ASAS DAN SISTEM HUKUM

MENEGAKKAN HUKUM DENGAN MENTAATI ASAS DAN SISTEM HUKUM

Oleh :Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, S.H. (Guru Besar...

DIRGAHAYU PERADILAN TATA USAHA NEGARA KE-26

DIRGAHAYU PERADILAN TATA USAHA NEGARA KE-26

Oleh : Enrico Simajuntak (Hakim Pengadilan Tata Usaha...

Null