Null

SOSIALISASI SIPP

Begitu pentingnya keterbukaan (transparansi) dan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, diciptakanlah sebuah sistem baru yang diberi nama SIPP. SIPP atau Sistem Informasi Penelusuran Perkara, adalah layanan informasi berbasis teknologi yang di dalamnya terdapat pencatatan informasi yang sangat lengkap, sehingga data bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) merupakan Aplikasi Sistem Informasi untuk Penerlusuran Alur Perkara yang berbasis web.

PTUN Yogyakarta sebagai salah satu pemberi layanan masyarakat terutama untuk para pencari keadilan sangat berkompeten untuk menerapkan SIPP ini. Sehingga pada hari Kamis tanggal 25 Agustus 2016 bertempat di Ruang Pemeriksaan Persiapan PTUN Yogyakarta jam 15.30 WIB diadakan sosialisasi SIPP sekaligus mempraktikkan langsung penggunaannya. Sosialisasi tersebut diikuti oleh Ketua, Wakil, para hakim, Panitera, Wakil Panitera, Para Panmud dan para Panitera Pengganti yang terlibat dalam proses beracara di PTUN. Sedangkan yang memberikan sosialisasi adalah Muhammad Zahid, SH, MH Panitera Pengganti PTUN Yogyakarta yang sekaligus juga anggota tim perancang SIPP tersebut.

“Dari Ketua Pengadilan sampai dengan Juru Sita dapat menggunakan SIPP sebagai alat kerja dan sumber data terkait dengan administrasi perkara di pengadilan tersebut. Hakim dapat memasukkan putusannya ke dalam SIPP agar putusan tersebut dapat menjadi informasi publik yang  dapat  diakses  oleh  masyarakat. Masyarakat  pun  dapat  serta  merta  melihat  jadwal persidangan yang telah dimasukkan ke dalam SIPP oleh Panitera Pengganti.  Selain itu, layanan informasi via SIPP ini bisa digunakan oleh pimpinan untuk melakukan monitoring performance pengadilan maupun staffnya. Misalnya statistik (kinerja) hakim dalam memutus perkara” ujar Muhammad Zahid, SH, MH.

Setelah masing-masing peserta mempraktikkan selanjutnya acara ditutup pukul 16.30 WIB.

Artikel Hukum

SISTEM KAMAR DALAM MAHKAMAH AGUNG: UPAYA MEMBANGUN KESATUAN...

SISTEM KAMAR DALAM MAHKAMAH AGUNG: UPAYA MEMBANGUN KESATUAN HUKUM

Oleh : PROF.Dr.TAKDIR RAHMADI, SH., LLM (Hakin Agung)...

KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM SISTEM PERADILAN...

KOMPETENSI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA DALAM SISTEM PERADILAN DI INDONESIA

Oleh : Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., MH....

MENEGAKKAN HUKUM DENGAN MENTAATI ASAS DAN SISTEM HUKUM

MENEGAKKAN HUKUM DENGAN MENTAATI ASAS DAN SISTEM HUKUM

Oleh :Prof. Dr. Sudikno Mertokusumo, S.H. (Guru Besar...

DIRGAHAYU PERADILAN TATA USAHA NEGARA KE-26

DIRGAHAYU PERADILAN TATA USAHA NEGARA KE-26

Oleh : Enrico Simajuntak (Hakim Pengadilan Tata Usaha...

Null